Cara Membuat Database Dengan Access 2007

16:21

Cara Membuat Database Dengan Access 2007 ~ Bagi anda yang ingin belajar membuat database menggunakan Microsoft Office Access Database, berikut ini akan kita bahas.

Microsoft Office Access sendiri merupakan salah satu aplikasi dari Micosoft Office yang di bungkus menjadi satu paket oleh Microsoft seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Power Point dan Microsoft Outlook.
Jadi jika di dalam komputer anda sudah terinstal Microsoft Office, maka disana sudah terinstal juga Microsoft Access Database yang siap untuk anda gunakan.
Microsoft Access Database sangat tepat digunakan untuk pembuatan aplikasi yang berskala kecil atau menengah, jadi jika anda masih baru belajar atau masih pemula untuk membuat database, maka Microsoft Access sangat tepat untuk anda gunakan.
Berikut Cara Membuat Database Menggunakan Access 2007
1# Buka Microsoft Office anda, pergi ke Start–>All Programs–>Microsoft Office–>dan buka Microsoft Office Access 2007 lebih detalinya lihat gambar berikut ini.
open-access-database
2# Buat database baru, pada contoh berikut ini akan kita create database penjualan, klik Blank Database dan pada kolom isian File Name berikan nama Penjualan dan klik tombol Create. lihat gambar nerikut ini.
create-database-penjualan
3# Sampai disni database Penjualan sudah berhasil anda buat, database Penjualan yang baru saja anda buat tersebut akan terbuka dengan memunculkan form untuk pembuatan table database, lihat gambar berikut ini.
open-database-penjualan
4# Untuk membuat tabel baru dalam database tersebut, maka pada Table1 anda boleh isikan field-field dari tabel , pada contoh dibawah ini kita akan membuat tabel barang, isikan field-field yang ingin anda buat dan jika sudah selesai, maka kemudian klik Save dan berikan nama tabel: Barang  dan klik OK lihat gambar berikut.
Create-tabel-barang
5# Jika anda ingin mengatur primary key dari tabel tersebut lengkap dengan type data dari setiap field, maka pada table barang anda boleh klik kanan dan pilih design view.
Design-view-tabel
6# Pada Design View disni anda boleh mengatur type data dari setiap field, seperti field Kode Barang dapat di set menjadi primary key dengan cara mengklik kanan filed Kode Barang dan memilih primary key, begitu dengan Data Type field dapat di set menjadi text dan Field Size=10 dengan pengaturan tersebut akan membuat pemakaian memori pada database tersebut menjadi lebih efisien.
mengatur_type_data_tabel
7# Setelah anda mengatur primary key dan type data tabel tersebut jangan lupa untuk mengklik save, jika sudah maka sekarang saatnya untuk mengisikan data pada tabel Barang, lihat gambar berikut.
isi-tabel-barang
Bagaimana mudah bukan? Sekian dulu artikel Cara Membuat Database Dengan Access 2007 selamat mencoba semoga berhasil.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »