Cara Memperbaiki Keyboard Di Laptop Yang Rusak, Error dan Tidak Berfungsi

01:59

Keyboard merupakan perangkat peripheral penting untuk meng-input data dan juga sebagai perangkat untuk mengendalikan komputer dengan memasukan berbagai perintah untuk mengendalikan sistem pada komputer yg digunakan. Ketika keyboard error atau rusak pasti akan mengganggu pekerjaan kita bukan? bahkan dapat menghambat pekerjaan yang sedang kita lakukan.

Keyboard yang tidak berfungsi bisa terjadi karena terkena tumpahan cairan atau debu bahkan bisa disebabkan oleh software yang error. Gejala umum pada keyboard laptop yang rusak biasanya adalah salah satu atau beberapa tombol keyboard tidak berfungsi.
Pasti tindakan yang sering dilakukan adalah membongkar keyboardnya, tapi sebelum mengambil tindakan membongkar keyboard laptop, cek masa garansi laptop tersebut. Jika masih dalam masa garansi dan rusaknya karena masalah teknis, bukan karena kesalahan user, misalnya karena tumpahan cairan,

laptop dengan keyboard yang error tersebut bisa di bawa ke service center laptop resmi. Kamu tidak perlu repot-repot dan tidak perlu mengeluarkan biaya, cukup bersabar menunggu. Jika masa garansi sudah habis maka kita bisa membenarkannya sendiri dengan berbagai cara dibawah ini.

Adapun masalah yang biasa terjadi pada keyboard :

Satu atau beberapa tombol/tuts keyboard tidak berfungsi saat di tekan (kecuali tombol yang yang harus di tekan bersama dengan tombol ‘Fn’, untuk beberapa tipe laptop tertentu) ,

Ketika ditekan saat mengetik, karakter terus muncul banyak padahal ditekan sekali.
Ada tombol yang kendor atau bahkan lepas dari dudukannya,

Baca Juga :


Untuk laptop tipe tertentu lampu backlit tidak nyala.
Melakukan pengecekan penyebab kerusakan keyboard, apakah keyboard itu sendiri konektor keyboard atau software,  baik driver atau sistem operasi.

Dari PCWorld.com, keyboard yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh driver keyboard atau bahkan Windows-nya yang bermasalah.

Lakukan re-install driver keyboard di Control Panel pada ‘Device Manager’.
Jika masih tetap tidak berfungsi bisa dilakukan pengetesan dengan keyboard eksternal.

Jika sudah dicoba mengetik dengan seluruh tombol dan tetap terjadi masalah bisa diasumsikan sistem operasinya yang error. Solusinya adalah dengan instal ulang OS.

Namun, jika berfungsi semuanya, kemungkinannya keyboard pada laptop yang error.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Jika Hanya Satu atau Beberapa Tuts/Tombol Keyboard yang Error
Ketika sudah dipastikan yang error adalah pada bagian tuts/tombol keyboard,

jangan langsung diambil kesimpulan untuk langsung mengganti keyboard. Jika kerusakannya adalah tidak berfungsinya satu atau beberapa tuts masih bisa diakali, mungkin akan berfungsi normal kembali.
Lakukan pengetesan terhadap semua tuts/ keys keyboard.

Temukan tuts mana yang tidak berfungsi.Buka tuts yang error dengan hati-hati.
Bersihkan bagian dalam dudukan tuts tsb dari debu dan kotoran. Kamu bisa mengunakan jarum atau CC Cleaner untuk membersihkannya.

Baca Juga :
- Cara Dapat Uang Dari Internet Mudah Dan Terbukti 
7 Faktor Youtube Tersuspend


Pasang kembali tuts keyboard pada tempatnya. Lakukan tes lagi, apakah berfungsi kembali?

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error Karena Tumpahan Cairan :
Sama seperti yang di atas, coba untuk dibersihkan dulu, namun keyboard perlu untuk dilepas dari laptop.

Berikut contoh cara membongkar keyboard pada laptop HP G4 Series yang saya kutip dari HP.com. Caranya:
1. Lepas baterai dari laptop, pastikan tidak ada aliran listrik yang terhubung ke laptop.
2. Buka cover pada bagian bawah laptop.
image
                                                gambar HP. Com
3. Lepaskan CD/DVD Drive.
image
      gambar : HP.Com
4. Pada bagian tengah cari baut yang terpasang pada keyboard. Pada laptop HP, baut keyboard ditandai dengan gambar keyboard di sampingnya.
image
  
     gambar : HP.Com
5. Buka monitor laptop lalu tekan keyboard keluar dengan hati-hati melalui bagian kosong tempat CD/DVDDrive yang sudah dilepas. Selanjutnya mulai tekan bagian per bagian keyboard yang mengunci pada body laptop.
image
    gambar : HP.Com
6. Setelah terlepas, buka keyboard dengan membalikkannya. Lepaskan kabel penghubung keyboard dengan motherboard laptop.Untuk melepasnya congkel penjepit pada motherboard, lalu cabut kabel penghubung tsb.
image
  
    gambar : HP.Com
7. Selanjutnya untuk membersihkan cairan dan kotoran yang menempel buka semua tombol/tuts keyboard laptop. Supaya kamu tidak lupa susunan/letak tombol keyboardnya, foto dulu keyboard sebelum dibuka.

8. Setelah semua terlepas, keringkan permukaan keyboard dengan hair dryer. Bersihkan juga dudukan tombol keyboard dan dudukan keyboard pada body laptop.

9. Pasangkan kembali tombol-tombol keyboard sesuai susunannya dan hubungkan kabel pada motherboard.

10. Pasang baterai, nyalakan laptop lalu lakukan pengetesan sebelum keyboard dipasangkan kembali.

Jika semua tindakan sudah dilakukan, tetapi keyboard tetap tidak berfungsi secara normal maka dengan sayangnya keyboard tersebut harus diganti dengan yang baru agar dapat segera dituntaskan.

Ada banyak masalah yang bisa mengganggu kerja keyboard laptop. Hal ini bisa disebabkan karena kerusakan fisik pada keyboard, atau karena adanya kerusakan pada perangkat lunak yang rusak. Dalam arrtikel ini, kita akan menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab masalah dan cara mengatasinya.

Ada sejumlah alasan, mengapa keyboard laptop tidak bisa bekerja dengan baik bahkan tak berfungsi samasekali. Meskipun dianjurkan untuk mendatangi teknisi komputer yang profesional, Anda juga bisa memperbaikinya sendiri.

Berikut permasalahan yang sering terjadi pada kinerja keyboard, penyebab serta cara mengatasinya, silahkan di amati

Permasalahan :
Beberapa tombol tertentu laptop tidak berfungsi dengan baik. Ketika mengetikkan sebuah key tertentu, yang pada layar adalah bukan key yang dimaksud. Atau kadang-kadang harus menekan tombol dengan keras, baru bisa mendapatkan hasilnya.

Penyebab :
Keyboard tertumpah oleh zat cair.
Debu yang mengendap dalam tombol key.
Key aus karena sering dipergunakan bermain game.
Pelumasnya sudah mengering.

Solusi :
Bongkar semua tombol yang ada dengan cara melepas susunan keyboard menggunakan obeng dengan hati-hati. Semua karet dan tombol key yang terlepas, simpan didalam wadah yang berbeda.
Bersihkan keyboard bagian dalam dengan menggunakan penyeka dari cotton bud yang sedikit dicelupkan ke dalam air. Hindari terlalu banyak air, karena kelebihan air dapat merusak keyboard. Bersihkan seluruh keyboard dengan tekanan ekstra pada ruang utama.

Bersihkan setiap tombol yang telah dilepas dan disimpan didalam wadah menggunakan karet busa. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan zat lengket yang menempel pada bawah tombol. Biarkan mengering selama 15 menit setelah selesai dibersihkan. Setelah itu, cuci semua key dengan benar menggunakan air hangat, dan biarkan hingga benar-benar kering .

Semprotkan karet- karet kecil yang disimpan dalam wadah lain, dan bilas dengan air hangat. Potongan karet ini bungkus dengan tisu agar kering lebih cepat .

Tempatkan semua kunci menghadap bawah pada permukaan yang datar. Berikan pelumas ringan, dan biarkan kering .

Setelah selesai dibersihkan dan dilumasi, pasang kembali keyboard dengan hati-hati. Mulail dengan meletakkan semua karet pada keyboard, kemudian pasang semua key sesuai posisi masing-masing. Gunakan jari untuk meneksan semua key kebawah satu per satu hingga terpasang dengan benar dalam slot masing-masing.

Proses ini mungkin akan memakan waktu maksimal  2 jam. Membersihkan dan melumasi keyboard akan mencegah kerusakan permanen. Keyboard laptop lebih halus dari pada keyboard eksternal, dan tidak cocok untuk digunakan bermain game dalam jangka waktu lama.

Untuk mencegah kerusakan keyboard laptop ini, sebaiknya menggunakan keyboard eksternal untuk bermain game di laptop.

Permasalahan :
Tombol Key tertentu memberikan karakter yang salah pada layar.

Penyebab :
Jika masalah yang terjadi adalah karakter yang salah, ada kemungkinan hal ini dikarenakan oleh perangkat
lunak.

Solusi :
ikuti langkah dibawah ini :
Buka Control Panel → Regional and Language Options → Keyboards and Languages → Change Keyboards → Advanced Key Settings
Pilih opsi “Between Input Languages” dan klik “Change Key Sequence”.
Pilih “Not Assigned” pada “Switch Input Language” dan “Switch Keyboard Layout”.
Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Permasalahan :
Penyebab :
Hal ini dapat karena masalah software , atau ada kemungkinan bahwa Anda mungkin telah mengaktifkan keyboard digital secara tidak sengaja .

Solusi:
Tekan Fn + Num Lock atau Fn +Shift + Num Lock. Langkah ini akan menonaktifkan keyboard digital . Jika masalah masih terus berlanjut, lanjutkan dengan melakukan langkah berikut :
Start → Search → Device Manager → tekan Enter. Atau Anda juga dapat membuka “Device Manager” dengan urutan: Start → Control Panel → Administrative Tools → Computer Management → Device Manager.

Kemudian Anda akan melihat daftar hardware laptop.
Jika Anda melihat tanda seru berwarna kuning pada icon “Keyboard”, uninstall driver. Kemudian install lagi driver, dan restart laptop.

Jika langkah-langkah di atas tidak memecahkan masalah, Anda mungkin ingin mencoba alternatif berikut :
Cabut laptop dari sumber listrik dan mencopoti semua hardware eksternal yang terhubung. Setelah laptop dimatikan, keluarkan baterai dan tunggu selama 5 menit untuk memasangkan kembali. Hidupkan laptop kembali.

Ada kemungkinan file yang rusak bisa mengganggu kerja keyboard. Restart laptop Anda. Hal ini akan mereset semua file dan mengembalikan kesalahan, sehingga masalah pada hardware dan software bisa normal kembali.

Alasan lain yang dapat menyebabkan keyboard tidak bisa bekerja dengan baik adalah adanya masalah kompabilitas hardware / software di laptop.

Coba jalankan laptop dalam “Safe Mode”. Jika keyboard ternyata bisa bekerja di “Safe Mode”, berarti penyebabnya adalah software terkait. Anda harus hati-hati memeriksa driver keyboard. Jika memang ada driver apapun yang hilang / rusak, download driver dari situs web penyedia.

berikut keterangan perbaikan dari keyboard yang error serta tidak berfungsi, jika terjadi masalah pada keyboard anda maka sebaiknya anda segera membenarkannya kepada teknisi yang  bersangkutan namun jika kita bisa membenarkannya kenapa tidak untuk mencoba langkah-langkah sesuai dengan uraian di atas. Selamat mencoba semoga bermanfaat untuk kita semuanya yang telah membaca artikel ini:)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »