Coba Cek Seberapa Kuat Password Anda Menahan Bruteforce

14:29


Password, atau dalam Bahasa Indonesia-nya lebih dikenal dengan "Kata Sandi". Adalah sebuah kode pengaman akun seseorang dalam dunia Internet. Bahkan tidak hanya Internet, banyak hal di jaman sekarang yang memerlukan password sebagai otorisasi dari si pengguna tersebut.
Namun, ada cara bagi orang-orang tertentu untuk memanfaatkan password tersebut, mulai dari sekedar iseng atau memang memiliki niat jahat.

Salah satunya adalah dengan metode Brute Force. Brute Force adalah metode mencuri password yang sudah lama dikenal di dunia hacking. Cara kerja Brute Force sendiri adalah dengan menebak satu-satu kata dan kalimat yang ada, mulai dari penggabungan huruf, angka dan simbol.
Password seperti admin, iloveyou, password123 adalah jenis-jenis password yang paling mudah dijebol dengan menggunakan Brute Force ini. Baca 7 Password yang Harus Dihindari Menurut Bill Gates.
Nah, sekarang saya ingin memberi sedikit informasi, sekiranya seberapa lama password yang kamu sekarang akan bertahan jika dihadapi dengan serangan Brute Force.

1. Password Haystacks


Masukan password kamu di kolom password yang tersedia di atas, Kemudian, pada bagian Massive Cracking Array Scenario kamu bisa melihat estimasi waktu jika Hacker mencoba menjebol password kamu dengan metode Brute Force.

2. Brute Force Attack Calculator


Jika kamu merasa risih dengan cara pertama, kamu bisa menggunakan cara satu ini. Cara ini tidak perlu memasukan password yang kamu gunakan, cukup input saja, ada berapa karakter, huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol yang ada di password kamu. Maka akan muncul simulasi perhitungan pemecahan password berdasarkan tingkat kerumitannya.

Kesimpulan

Pada dasarnya, Password adalah hal yang pasti bisa ditebak, tinggal mencari kombinasinya saja. Hanya saja, mungkin menebak password dapat membutuhkan waktu yang sangat lama, bulanan, tahunan atau bahkan puluhan tahun, tergantung kerumitan password itu sendiri.
Nah, sekarang kembali lagi kepada kamu sebagai pemilik password tersebut, Apakah password kamu sudah memenuhi pedoman keamaan? Cek Seberapa Aman Password Anda, Karena di jaman saat ini, banyak sekali orang-orang yang ingin memanfaat kelengahan seseorang demi mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »